Dapatkan Segera Buku & Hasil Penelitian PPIM UIN Jakarta Download Sekarang

Ketua Manassa: Optimalkan Pemanfaatan Manuskrip Digital

Ketua Manassa: Optimalkan Pemanfaatan Manuskrip Digital

Jakarta, PPIM – Ketua Umum Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa), Munawar Holil, mengajak masyarakat terutama para mahasiswa dan akademisi untuk memanfaatkan manuskrip digital secara optimal. Pernyataan itu disampaikannya dalam “Webinar Series on Indonesian Digitised Manuscripts” dengan tema “Digital Humanities dalam Kajian Manuskrip Nusantara” yang diselenggarakan oleh PPIM UIN Jakarta melalui kerja sama program DREAMSEA dan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa), Rabu (18/11).

“Kita berada di era digital, terutama pada masa pandemi ini dipaksa untuk belajar dengan cepat hal-hal yang bersifat digital, terutama untuk memberi tugas dan memberi PR bagi mahasiswa untuk akses foto-foto digital naskah, dan bagaimana cara penanganannya. Maka, pemanfaatan naskah digital harus dioptimalkan,” ucap dosen filologi Universitas Indonesia ini.

Pakar manuskrip Sunda ini memaparkan upaya dalam melakukan digitalisasi manuskrip sebetulnya sudah dilakukan sejak awal 2000-an, meskipun belum terprogram secara maksimal. Berbagai kendala masih saja ditemui oleh peneliti di lapangan maupun terhadap hasil digitalisasi manuskrip. Oleh karena itu, menurutnya manuskrip hasil digitalisasi belum termanfaatkan secara optimal.

Selain itu, Munawar menyebutkan bahwa masalah utama yang masih sering dijumpai oleh mahasiswa dan masyarakat pada umumnya adalah perihal teknis dalam mengakses manuskrip yang telah didigitalkan. Hal itu karena keterbatasan pengetahuan dan penguasaan teknologi informasi para pengguna.

“Seri diskusi yang diselenggarakan oleh DREAMSEA bekerja sama dengan Manassa ini sangat penting. Semoga para manuskripters akan terbantu dalam mengakses naskah digital,” kata Munawar.

Pada akhir sambutannya, Munawar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara PPIM melalui program DREAMSEA dengan Manassa. Ia berharap kerjasama dapat terus berjalan dalam upaya penyelamatan manuskrip yang masih tersimpan di masyarakat.

Webinar Manuskrip Digital adalah diskusi bulanan yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube “DREAMSEA Manuscripts”. Pada seri pertama, diskusi yang dimoderatori oleh Aditia Gunawan (Manassa) ini dihadiri oleh Prof. Jan van der Putten (University of Hamburg, Jerman), Dr. Annabel Teh Gallop (The British Library, Inggris), dan Dr. David Moeljadi (Palacky University Olomouc, Republik Ceko) sebagai narasumber.

 

 

Penulis: Lilis Shofiyanti
Editor: M. Nida Fadlan

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


X