Dapatkan Segera Buku & Hasil Penelitian PPIM UIN Jakarta Download Sekarang

Menuju Festival Moderasi Beragama, PPIM Tutup Rangkaian 20 Webinar

Menuju Festival Moderasi Beragama, PPIM Tutup Rangkaian 20 Webinar

Jakarta, PPIM – PPIM UIN Jakarta melalui program CONVEY Indonesia akhirnya menutup rangkaian 20 #ModerasiBeragama Webinar Series pada Jumat (19/2). Topik yang dibawakan pada seri terakhir adalah “Penguatan Moderasi Beragama di Masa Pandemi”.

“Selanjutnya, kami akan menyelenggarakan Festival Moderasi Beragama atau yang lebih dikenal dengan nama “CONVEY DAY 2021”. Tema yang diusung adalah Berbeda Tetap Bersama,” ungkap Team Leader CONVEY Indonesia, Prof. Jamhari Makruf.

Seri Pertama webinar dimulai pada 19 Juni 2020. Menteri Agama periode 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin, membuka rangkaian webinar diskusi dua Jumatan itu sebagai narasumber bersama cendekiawan muslim Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE. Selanjutnya, diskusi ini secara rutin mengangkat tema-tema strategis terkait moderasi beragama dan realitas keberagamaan Indonesia.

Jamhari menyebut, melalui rangkaian webinar tersebut, PPIM sangat berkomitmen dalam menanamkan pemahaman keberagamaan yang baik.

“Moderasi Beragama dimaksudkan untuk menanamkan semangat kebangsaan yang disertai dengan pemahaman keberagamaan yang baik,” ujarnya.

Jamhari mengkritisi, khususnya di masa pandemi ini, semakin lunturnya fungsi agama di masa pandemi ini. Padahal, menurut alumni Pondok Pesantren Pabelan ini, agama mestinya menjadi pengayom, tempat bernaung dan sebagai ruang konsolidasi masyarakat.

“Moderasi beragama memiliki urgensi dalam situasi pandemi ini yang acapkali dimanfaatkan oleh pihak tertentu, termasuk kelompok agama, dalam menyebarkan berita tidak benar dan ketidakpercayaan terhadap pemerintah, vaksin dan keberadaan pandemi itu sendiri. Maka, moderasi beragama sangat diperlukan dalam situasi ini,” tegas Jamhari.

Meski demikian, Jamhari mengaku optimis akan prospek moderasi beragama di Indonesia.

“Indonesia mempunyai potensi sikap beragama yang moderat. Terlihat dari benih moderasi beragama yang sudah tumbuh di masyarakat seperti gotong royong, kerukunan dan interaksi antar pemeluk agama,” tandas alumni Australian National University ini.

Meski rangkaian webinar telah berakhir, seluruh rekaman diskusi masih dapat diakses secara daring. Pemirsa dapat menonton ulang tayangan-tayangannya melalui kanal Youtube “PPIM UIN Jakarta” dan “Convey Indonesia”.

 

Penulis: Aptiani Nur Jannah
Editor: Abdallah, M. Nida Fadlan

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


X