Dapatkan Segera Buku & Hasil Penelitian PPIM UIN Jakarta Download Sekarang

Prof Azyumardi Azra, CBE Terpilih sebagai Anggota Dewa Pers 2022-2025

Prof Azyumardi Azra, CBE Terpilih sebagai Anggota Dewa Pers 2022-2025

PPIM UIN Jakarta—Ketua Dewan Penasihat Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra, dinyatakan lolos sebagai calon anggota Dewan Pers. Saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Azyumardi membenarkan namanya termasuk daftar sembilan orang yang terpilih untuk memimpin Dewan Pers dalam periode 2022-2025. Guru besar bidang sejarah di Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ini terpilih sebagai wakil tokoh masyarakat.

Selain Azyumardi, ada delapan orang calon anggota Dewan Pers yang lolos. Mereka terdiri dari tokoh masyarakat, perwakilan organisasi wartawan, dan perwakilan pimpinan perusahaan pers.

“Betul ada sembilan orang. Lolos seleksi Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers. Secara resmi perpres-nya menyusul,” ujar seorang calon anggota, Ninik Rahayu, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (21/12/21).

Berikut susunan anggota Dewan Pers Baru Periode 2022-2025, sebagaimana didapat dari Azyumardi, melalui aplikasi WhatsApp. Yaitu, unsur Masyarakat: Azyumardi Azra (cendekiawan), Ninik Rahayu (mantan Komisioner Ombudsman), dan Anggoro Sapto Hudoyo (mantan pendiri Tirto.id). Unsur  Wartawan: Tri Agung (PWI), Yadi Hendriana (IJTI), dan Arief Zulkifli (AJI). Unsur Perusahaan Pers: Asmono Wikan (SPS), Agung Dharmajaya (ATVLI), dan Toto Haryanto (ATVSI dan TV One). Mereka akan bertugas setelah Mei 2022.

Menurut Ketua BPPA Syafril Nasution, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/12/21), sembilan nama calon akan terlebih dulu diajukan kepada Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh dan anggota Dewan Pers periode 2019-2022.

“Nama-nama yang telah dipilih merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh 13 anggota Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers,” ujar Syafril. “Kami akan ajukan dulu nama-nama tersebut. Nanti, (keputusan akhir) akan ditetapkan menunggu arahan,” paparnya.

 

Penulis: Idris Thaha

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


X