Dapatkan Segera Buku & Hasil Penelitian PPIM UIN Jakarta Download Sekarang

Ulama dan Perubahan Iklim di Indonesia: Analisis Kurikulum dan Strategi Integrasi Isu Perubahan Iklim di Pendidikan Tinggi Islam

Share this post

Ulama dan Perubahan Iklim di Indonesia: Analisis Kurikulum dan Strategi Integrasi Isu Perubahan Iklim di Pendidikan Tinggi Islam

Latar Belakang

Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan utama sejauh mana isu perubahan iklim diintegrasikan ke dalam kurikulum perguruan tinggi Islam yang telah berperan, di antaranya, mencetak para pemimpin Muslim, tokoh Islam, dan ulama di Indonesia.

Karena perubahan iklim dan degradasi lingkungan merupakan tantangan besar bagi masyarakat di seluruh dunia, mendidik para pemimpin Muslim tentang masalah ini akan membuat mereka dapat lebih memahami tantangan perubahan iklim yang dihadapi oleh komunitas mereka dan memberikan panduan tentang solusi praktis dan strategi adaptasi. Hal ini dapat membantu komunitas Muslim menjadi lebih tangguh dan lebih siap dalam mengurangi dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim. Selain terus-menerus menanamkan komitmen ulama di Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim (Smith, 2019), penting untuk melihat sejauh mana institusi-institusi pendidikan  Islam, yang diantaranya telah turut memproduksi ulama, mengintegrasikan isu perubahan iklim ke dalam kurikulum mereka. Karena luasnya cakupan pendidikan Islam, studi ini akan memfokuskan pada kurikulum program studi (prodi) agama pendidikan tinggi Islam. Setelah mengetahui situasi pengintegrasian isu-isu perubahan iklim ke dalam kurikulum prodi agama pendidikan tinggi Islam, studi ini akan mengeksplorasi bagaimana manajemen pendidikan tinggi Islam di Indonesia mengimplementasikan pengintegrasian isu perubahan iklim dalam pengajaran mereka, apa tantangan dan hambatan yang dihadapi, serta strategi efektif apa yang bisa ditempuh.

Tujuan Penelitian

  1. Menilai sejauh mana isu perubahan iklim telah diintegrasikan ke dalam kurikulum program studi-program studi agama di perguruan tinggi Islam.
  2. Menggali perspektif manajemen pendidikan tinggi Islam tentang pentingnya implementasi, relevansi, dan potensi pengintegrasian isu perubahan iklim dalam kurikulum pengajaran mereka.
  3. Mengidentifikasi tantangan dan hambatan dalam mengintegrasikan isu perubahan iklim ke dalam kurikulum program studi-program studi agama di perguruan tinggi Islam.
  4. Merumuskan strategi yang efektif untuk mengintegrasikan isu perubahan iklim ke dalam pendidikan para ulama.