Dapatkan Segera Buku & Hasil Penelitian PPIM UIN Jakarta Download Sekarang

Dr. Idris Thaha, M.Si.

Dr. Idris Thaha, M.Si.

Peneliti

Idris Thaha lahir di Jenggawah, Jember, Jatim. Setelah lulus dari SDN Jenggawah I, Jember, ia melanjutkan ke Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiah (TMI) Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep, Jatim (1986), Jurusan Aqidah dan Filsafat (S1), Fakultas Ushuluddin, IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1993), lalu Pascasarjana Prodi Ilmu Politik (S2), FISIP, Universitas Indonesia (UI), Depok (2004), dan Sekolah Pascasarjana Bidang Pemikiran Politik Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2018). Ia tercatat sebagai dosen Prodi Ilmu Politik, FISIP, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan peneliti pada Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM), UIN Jakarta.

Ia melanglang di dalam dunia jurnalistik; mulai menjadi menjadi wartawan sejak dari santri; yaitu di majalah santri Qalam, lalu di majalah Gong Mahasiswa, koran mahasiswa Institut, lalu menjadi wartawan profesional pada tabloid DETIK, koran Republika, majalah Ummat, Jurnal Tsaqafah, dan buletin Islam; Good Governance. Karir jurnalistiknya meningkat menjadi redaktur pelaksana pada beberapa media massa; yaitu, majalah anak Islam, Aku Anak Saleh, tabloid ZIS Peduli Ummat, tabloid Ushul-News (Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Jakarta), Jurnal Mimbar Agama dan Budaya (UIN Jakarta), dan majalah Jurnal Wisuda (UIN Jakarta).

Selain itu, ia juga menulis beberapa entri pada Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern (Mizan, Bandung), Ensiklopedi Islam untuk Pelajar, menjadi redaktur pelaksana Ensiklopedi Islam (Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta), editor dan penyelaras bahasa Ensiklopedia Tasawuf (Angkasa, Bandung), dan tim redaksi Ensiklopedi Pemuka Agama Nusantara (Kemenag RI, Jakarta).

Ia kerap pula menulis karya ilmiah popular di media massa, khususnya melakukan review atas buku-buku penting dalam konteks perkembangan Islam kontemporer. Buku kumpulan tulisan hikmatnya di Republika dibukukan menjadi Memetik Hikmah, (Jakarta: Srigunting, 1997). Tesisnya di UI Depok diterbitkan menjadi Demokrasi Religius: Pemikiran Politik Nurcholish Madjid dan M. Amien Rais (Jakarta: Teraju, 2005). Buku terbarunya ditulis bersama anaknya, Savran Billah, Bangkitnya Kelas Menengah Santri: Modernisasi Pesantren di Indonesia (Jakarta: Prenada, 2018). Salah satu karya ilmiahnya, “Menguak Pemikiran Murtadha Muthahhari,” yang pernah dimuat pada majalah Amanah No. 158 pada 1992, meraih juara II dalam Lomba Penulisan untuk menyambut 25 Tahun Syahidnya Murtadha Muthahhari, pada 8 Mei 2004.

Selama ini, ia telah mengedit 30-an buku para penulis Muslim Indonesia. Ia menyunting buku K.H. Zainuddin MZ, berjudul Dakwah dan Politik: “Berjuta Umat” (Bandung: Mizan, 1997), buku Masfuk, Orang Jawa Miskin, Orang Jawa Kaya: Cara Menjadi Milyuner (Jakarta: Penerbit Republika, 2002), M. Dawam Rahardjo, dkk., Berderma untuk Semua: Wacana dan Praktik Filantropi Islam (Jakarta: Pusat Bahasa dan Budaya UIN Jakarta dan Penerbit Teraju, 2003), Yusuf Kalla, dkk., Pergulatan Partai Politik di Indonesia (Jakarta: Rajawali Pers, 2004), dan puluhan buku karya Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA. (gurubesar sejarah dan rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta), dan beberapa buku karya Prof. Dr. Bahtiar Effendy, MA (gurubesar ilmu politik dan dekan FISIP, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta). Salah satu buku Azyumardi yang disuntingnya, berjudul Renaisans Islam Asia Tenggara: Sejarah Wacana & Kekuasaan, (Bandung: Rosdakarya, 1999), terpilih sebagai buku terbaik dalam bidang ilmu sosial dan humaniora dari Yayasan Buku Utama dan Depdiknas untuk tahun 1999).

Ia juga menulis hasil penelitian tentang pileg 2014 dan politik uang, “Banten: Islamic Parties, Networks anda Patronage” dalam Edward Aspinall dan Mada Sukmajadi, Electoral Dynamics in Indonesia: Money Politics, Patronage and Clientelisme at the Grassroots (Singapore: NUS Press, 2016) dan edisi bahasa Indonesia, Edward Aspinall dan Mada Sukmajadi (ed.), Politik Uang di Indonesia: Patronase dan Klientelisme pada Pemilu Legislatif 2014 (Yogyakarta: Polgov UGM, 2015)dan tentang dakwah di radio “Islam Moderat Mengudara di Langit Ibukota Jakarta” dalam Din Wahid dan Jamhari Makruf, Suara Salafisme: Radio Dakwah di Indonesia (Jakarta: Prenada, 2017).