Bogor, PPIM – Selama tiga hari, 24-26 Maret 2019, para peneliti PPIM UIN Jakarta berkumpul di Hotel Rancamaya, Bogor, dalam rangka Annual Meeting. Forum ini merupakan agenda tahunan yang berfungsi untuk melaporkan kegiatan yang telah dijalankan pada tahun sebelumnya dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada tahun mendatang.

Selain kedua agenda tersebut, forum ini juga menggelar pemilihan nakhoda baru PPIM seiring dengan habisnya masa periode Saiful Umam, Ph.D sebagai Direktur Eksekutif. Berdasarkan hasil musyawarah mufakat, peserta Annual Meeting menyepakati untuk memberikan amanat kepada Ismatu Ropi, Ph.D sebagai Direktur Eksekutif periode 2019-2023.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Ismet ini merupakan Direktur Riset PPIM pada periode sebelumnya. Selain itu, Ia juga berpengalaman memimpin berbagai program kegiatan PPIM seperti Convey Indonesia dan DREAMSEA. Adapun jenjang akademiknya dimulai sebagai sarjana di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebelum melanjutkannya pada jenjang magister di McGill University dan doktor di Australian National University.

“Saya merasa terhormat atas kepercayaan ini. Sebuah tantangan tersendiri dipercayai untuk memimpin lembaga riset kampus yang telah memiliki reputasi yang sangat baik sejauh ini”, ungkap dosen Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Selain itu, Ismet juga mengapresiasi peran para pimpinan PPIM. Menurutnya, pencapaian PPIM menjejak reputasi sebagai lembaga riset kajian keislaman terkemuka selama ini tidak terlepas dari tangan dingin para direktur PPIM pada masa-masa sebelumnya. Terkhusus kepada Saiful Umam, Ismet mengapresiasi bahwa Saiful mengakhiri jabatannya dengan sangat baik dan membawa PPIM semakin maju.

Mengakhiri jabatannya, Saiful Umam yang juga kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengucapkan terima kasih atas kerjasama tim yang solid selama ia memimpin. Ia berharap PPIM di masa yang akan datang terus menjaga kiprahnya dalam kajian riset keislaman dan kemasyarakatan.

Selain dihadiri oleh para peneliti dan staff, Annual Meeting ini turut hadir pula oleh para pendiri PPIM seperti Saiful Mujani, Ph.D dan Hendro Prasetyo, Ph.D. Selain itu, para Dewan Penasihat seperti Prof. Jamhari, Ph.D, Ali Munhanif, Ph.D, dan Fuad Jabali juga turut memberikan arahan terkait dengan PPIM di masa yang akan datang. [DK]

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *