Selamat Datang di Website Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta

Studia Islamika Pertahankan Akreditasi A

  • Writer: Admin
  • Category: Artikel
  • Published: July 3, 2017
  • Hits: 560

Ciputat, PPIM – Jurnal internasional terbitan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta, Studia Islamika, kembali mempertahankan predikat akreditasi A. Demikian rilis dari Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 32a/E/KPT/2017 tertanggal 26 April 2017. Capaian ini menandai keberhasilan Studia Islamika mempertahankan predikat jurnal ilmiah terakreditasi berturut-turut sejak tahun 2000.

Dalam rincian penilaian yang diterima oleh redaksi, Studia Islamika dinilai telah berhasil menyuguhkan artikel dengan substansi yang sangat baik. Selain menerbitkan artikel bermutu tinggi, manajemen pengelolaan jurnal secara elektronik juga telah berhasil diterapkan dengan baik. Dalam hal kontribusi akademik, Studia Islamika juga dinilai memiliki tingkat keterkutipan yang sangat tinggi sehingga menandakan jurnal ini memiliki tingkat keterbacaan yang sangat baik. Atas berbagai pertimbangan tersebut, Studia Islamika berhasil meraih nilai 91,45 point.

Editor-In-Chief Studia Islamika, Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE menyatakan kegembiraannya. Guru Besar Ilmu Sejarah Islam ini mengungkapkan bahwa akreditasi ini adalah buah kerja keras dan perhatian dari seluruh pihak khususnya para editor, reviewer, dan penulis yang telah berkomitmen untuk menghadirkan artikel-artikel bermutu.

“Ini adalah capaian positif yang harus dipertahankan dan ditingkatkan agar Studia Islamika tetap menjadi rujukan utama dalam pengkajian keislaman di dunia”, papar Azra.

Secara bersamaan, Dr. Saiful Umam selaku Direktur Eksekutif PPIM UIN Jakarta juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menjaga mutu Studia Islamika. Saiful mengungkapkan bahwa meskipun Studia Islamika diterbitkan oleh PPIM, namun pada dasarnya jurnal ini milik semua kalangan. Sehingga, Ia pun mengajak kepada semua pihak untuk turut serta dalam menjaga mutu, menyebarluaskan, dan mengutip pandangan-pandangan akademik yang terkandung di dalamnya.

Studia Islamika adalah corong promosi eksistensi Islam di Indonesia dan Asia Tenggara. Oleh karenanya, mari kita jaga keduanya”, ajak ahli sejarah Islam lulusan University of Hawaii ini.[MNF]

Share this:

Studia Islamika

Agenda PPIM