Selamat Datang di Website Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta

Undang Peneliti dan Mahasiswa, PPIM Akan Gelar International Conferenace



Ciputat, PPIM – PPIM UIN Jakarta akan kembali menyelenggarakan International Conference pada 8-10 Agustus 2017 di Jakarta. Untuk edisi tahun ini, panitia mengundang kalangan akademisi seperti dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk berpartisipasi sebagai narasumber dan peserta aktif.

Adapun kegiatan ini diberi nama The 2nd Studia Islamika International Conference 2017. Dalam laman resminya, konferensi ini diselenggarakan untuk memperkuat promosi jurnal kebanggaan PPIM, Studia Islamika, di kancah global. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini Studia Islamika memegang peranan penting dalam penyebaran wacana keislaman dalam konteks kajian Asia Tenggara.

Tema utama yang diusung adalah Southeast Asian Islam: Religious Radicalism, Democracy, and Global Trends. Mengenai pemilihan tema ini, Ketua Panitia, Jajang Jahroni, Ph.D mengungkapkan bahwa tema ini akan menyajikan fenomena menarik tentang perkembangan sosial-politik Islam di Asia Tenggara terutama Indonesia.

“Akhir-akhir ini kita melihat ada peningkatan kecenderungan cara memahami radikalisme, fundamentalisme, dan trend-trend sosial yang masif dalam konteks Islam di Asia Tenggara. Nah, kita ingin para scholar mempresentasikan temuan-temuan mereka”, ujar lulusan Boston University, Amerika Serikat, ini.

Jajang juga menambahkan bahwa ada inovasi lain di tahun ini yakni mengundang para mahasiswa untuk mempresentasikan temuannya dalam bentuk poster. Terobosan ini dilakukan untuk mengakomodir peningkatan tradisi riset di kalangan mahasiswa.

Ketika ditanya target paper dan poster yang akan diterima, Jajang mengingatkan kesuksesan pelaksanaan kegiatan serupa di tahun 2014. “Tahun 2014, kita menerima dan mempresentasikan lebih dari 70 paper yang berasal dari 17 negara. Semoga tahun ini lebih semarak”, harap Peneliti Senior PPIM ini.

Bagi para akademisi yang tertarik untuk mempresentasikan temuannya, panitia menyediakan sembilan tema turunan konferensi. Seluruh pengiriman abstrak dilakukan secara elektronik melalui laman http://conference.ppim.uinjkt.ac.id sebelum tanggal 15 Mei 2017. [MNF]

Share this: