Dapatkan Segera Buku & Hasil Penelitian PPIM UIN Jakarta Download Sekarang

PPIM UIN Jakarta Audiensi dengan Pejabat Kemendikbudristek untuk Kolaborasi Kegiatan Survei dan Riset Agama dan Lingkungan

Category: REACT Comments: 0

PPIM UIN Jakarta Audiensi dengan Pejabat Kemendikbudristek untuk Kolaborasi Kegiatan Survei dan Riset Agama dan Lingkungan

Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta melakukan audiensi dengan Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila, M.A., Ph.D, Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat di Kantor Komplek Kemendikbudristek, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, PPIM UIN Jakarta memaparkan kegiatan riset dan publikasi terkini, termasuk isu-isu agama dan lingkungan yang sedang dijalankan.

PPIM UIN Jakarta memaparkan program REACT (Religious Environmentalism Actions) yang sedang dijalankan bekerja sama dengan Kedutaan Belanda. Program ini mencakup kegiatan survei nasional dan penelitian lapangan yang membutuhkan dukungan kelembagaan, terutama dalam mengeksplorasi peran guru di bawah Kemendikbud. Selain itu, dalam dua tahun ke depan, program REACT juga akan melibatkan program kampanye publik, termasuk pelibatan kebijakan Kementerian Agama dan Kemendikbudristek.

Prof. Adlin Sila menyambut baik kegiatan terbaru PPIM tersebut dan memberikan dukungan dalam hal komunikasi dan koordinasi dengan berbagai kelompok yang menjadi sasaran dalam survei dan penelitian, seperti sekolah, guru, dan lembaga terkait yang relevan dengan isu agama dan lingkungan. Beliau juga menyarankan agar PPIM segera berkomunikasi dengan Kantor Pusat Kurikulum dan Kantor Inspektorat Jenderal (Irjen) di lingkungan Kemendikbudristek untuk menerima audiensi dan presentasi hasil riset dari PPIM UIN Jakarta.

Baca Juga: Rilis Temuan Survei, PPIM Paparkan Potret Toleransi Beragama di Universitas

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Adlin Sila juga mengapresiasi upaya PPIM UIN Jakarta dalam mengembangkan riset agama dan lingkungan hidup. Kemendikbudristek sendiri fokus pada upaya peningkatan kemampuan guru dan pentingnya digitalisasi dalam dunia pendidikan. Selain itu, Kemendikbudristek juga mengadopsi moderasi beragama untuk mengatasi isu intoleransi di sekolah, dengan fokus pada tindakan nyata yang memberikan efek jera.

Para peneliti senior PPIM UIN Jakarta yang hadir dalam audiensi ini antara lain Didin Syafruddin (Direktur Eksekutif), Saiful Umam (Program Manager), Iim Halimatussa’diyah (Koordinator Survei), Dadi Darmadi (Koordinator PSA), serta Fikri Fahrul Faiz (Sekretaris Program) dari kegiatan REACT.

Kegiatan audiensi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menjalin kerja sama yang lebih erat antara PPIM UIN Jakarta dan Kemendikbudristek dalam mengatasi berbagai isu terkait agama, lingkungan, dan pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Pertemuan PPIM dan Bappenas Tegaskan Prioritas Riset Lingkungan